Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Potensi Sumber Daya Alam Kasomalang Kulon

Desa Kasomalang Kulon.merupakan desa yang berada di Dataran Tinggi, dengan ketinggian 1.200Dpl (Diatas Permukaan Laut), sebagian besar wilayah berupa daerah berbukit-bukit atau daerah berpasir-pasir, dimana berbatasan langsung dengan desa di luar Kecamatan Kasomalang.diantarannya sebelah Timu berbatasan dengan Desa Kasomalang Wetan. Kecamatan Kasomalang, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Cimanglid Kecamatan Kasomalang, Sebelah Barat berbatasn dengan Desa Jalancagak Kecamatan Jalancagak, serta Sebelah Utaranya berbatas dengan Desa Kumpay, Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang. 

Pada umumnya lahan yang berada di Desa Kasomalang Kulon digunakan secara produktif terutama dibidang perkebunan, hal ini menunjukan bahwa kawasan Desa Kasomalang Kulon adalah daerah yang memiliki sumber daya alam yang memadai dan siap untuk diolah. Luas lahan wilayah menurut  penggunaan sebagaimana terlihat dalam tabel berikut :


Pemukiman (ha/m2) Persawahan (ha/m2) Perkebunan (ha/m2) Kuburan (ha/m2) Pekarangan (ha/m2) Perkantoran (ha/m2) Prasarana Umum Lainnya (ha/m2)
60.762 40.936 747.376 1.140 5.897 1.280 2.122
Potensi Fisik Lokasi
Keadaan alam di desa Kasomalang Kulon, banyak digunakan untuk perkebunan dengan luas kebun 747.376 dari total luas 862.733, luas sawah di kisaran 40.936. dan memiliki 1 aliran sungai, jika dilihat dari luas maka keadaan alam di desa Kasomalang Kulon memiliki luas perkebunan  paling banyak.

Selain itu ada pula 3 mata air, sebagai sarana untuk mendapatkan air bersih dan juga untuk pengairan lahan pertanian, Adapun mata air yang berada di desa Kasomalang Kulon diantaranya :
  1. Mata air Cimutan
  2. Mata air Sumur
  3. Mata air Cimbutan

Berdasarkan data yang kami dapat, potensi sumber daya alam di Desa Kasomalang kulon cukup banyak namun masih perlu banyak penyesuaian. Berikut data yang kami dapat selama kegiatan KKNM berlangsung :
No. Jenis Jumlah/Luas Lokasi
1 Mata Air Cimutan 3 RW 04
2 Luas Kebun 747.376 Tersebar
3 Luas Sawah 40.936 Tersebar
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKNM Universitas Subang 2018

Blog ini adalah hasil output dari kegiatan KKNM Universitas Subang Kelompok 06 Tahun 2018 yang dilaksanakan di desa Kasomalang Kulon Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang.
Kami berharap dengan adanya blog ini, potensi wisata yang ada didesa Kasomalang Kulon dapat lebih diketahui oleh masyarakat luas

Popular Posts

Recent Posts

Featured Post

Peta Potensi Desa Kasomalang Kulon