Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Deblo "Ibu Rohaeni"

Kasomalang kulon | Subang. Kasomalang kulon merupakan salah satu desa yang dianggap cukup maju di Kecamatan Kasomalang. Karena, selain cara pikir masyarakatnya yang cukup moderat, Kasomalang Kulon juga merupakan jalur utama yang menghubungkan Subang-Sumedang.

Selain kaya akan sumber mata airnya, Kasomalang kulon juga merupakan salah satu desa yang kaya akan home industry sehingga memajukan perekonomian masyarakat sekitar. 

Salah satu makanan khas Kasomalang yang diproduksi dan cukup diminati di Kasomalang kulon karena rasanya yang gurih dan lezat adalah Deblo Bu Rohaeni. 

Deblo Bu Rohaeni merupakan makanan kering yang dibuat berbahan dasar singkong dan kunyit berkualitas, yang diolah secara higienis dan bebas dari bahan-bahan pengawet. Bu Rohaeni merupakan seorang ibu rumah tangga yang tinggal di RT 02 RW 07. 

Sampai saat ini, pemasaran Deblo Bu Rohaeni baru mencakup ke pasar Kasomalang, toko-toko kue, dan pasar Jalancagak. Awalnya, deblo Bu Rohaeni sudah memiliki label sendiri, tapi karena belum memiliki izin resmi, terpaksa Bu Rohaeni mencabut labelnya kembali. Selain Deblo, Bu Rohaeni juga memproduksi makanan-makanan kering lainnya.

Bu Rohaeni mengalami kesulitan untuk membuat izin agar home industry beliau bisa legal di mata pemerintah dan mendapat label halal seperti beberapa home industry lainnya. Kendalanya ada di proses yang terlalu merepotkan serta materi yang tidak mencukupi.

Bu Rohaeni berharap, dengan adanya program UMKM di Desa Kasomalang Kulon yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN dari Universitas Subang, beliau mendapat solusi agar usahanya mendapat izin resmi.








Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKNM Universitas Subang 2018

Blog ini adalah hasil output dari kegiatan KKNM Universitas Subang Kelompok 06 Tahun 2018 yang dilaksanakan di desa Kasomalang Kulon Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang.
Kami berharap dengan adanya blog ini, potensi wisata yang ada didesa Kasomalang Kulon dapat lebih diketahui oleh masyarakat luas

Popular Posts

Recent Posts

Featured Post

Peta Potensi Desa Kasomalang Kulon