Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Observasi Curug Cipurut

Pada Minggu pertama kegiatan KKNM Universitas Subang di desa Kasomalang Kulon, kegiatan yang dilakukan para mahasiswa antara lain observasi keadaan sekitar desa. 

Tema KKNM pada tahun 2018 ini adalah "Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat", oleh karenanya para mahasiswa melakukan observasi untuk mengetahui potensi wisata yang dapat digali di desa Kasomalang Kulon.

Salah satu informasi yang kami dapat adalah Curug Cipurut yang terletak disebelah selatan desa. Kami pun langsung mendatangi tempat ditemani oleh salah satu warga desa. 

Curug Cipurut ini belum terjamah sama sekali, sehingga pemandangan yang ada disini masih sangat asri. Jalan yang kami lalui masih berupa jalan setapak yang jarang dilalui kendaraan. Butuh sekitar 15 menit dari posko untuk sampai ke lokasi. 

Sesampainya disana kami pun mencari informasi lebih jauh kenapa curug tersebut belum diberdayakan baik oleh pemerintah desa maupun warga sekitar. Setelah mengobrol cukup lama alasan utama kenapa curug tersebut tidak di berdayakan adalah karena lokasi curug yang berada diperbatasan desa. Curug ini masih diperdebatkan dengan desa sebelah tentang desa mana yang berhak mengelolanya. Sehingga curug inipun sampai saat ini masih dengan kondisi aslinya yang belum terjamah oleh manusia.

Kesimpulan yang kami dapatkan adalah, diperlukan adanya komunikasi dengan desa yang bersebalahan di tempat lokasi curug tersebut, bila ingin lokasi ini diberdayakan, mungkin pengelolaannya bisa kerjasama antara desa-desa yang bersebelahan tersebut.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKNM Universitas Subang 2018

Blog ini adalah hasil output dari kegiatan KKNM Universitas Subang Kelompok 06 Tahun 2018 yang dilaksanakan di desa Kasomalang Kulon Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang.
Kami berharap dengan adanya blog ini, potensi wisata yang ada didesa Kasomalang Kulon dapat lebih diketahui oleh masyarakat luas

Popular Posts

Recent Posts

Featured Post

Peta Potensi Desa Kasomalang Kulon