Pengembangan Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Sumber Mata Air Cimutan


Kasomalang Kulon | Subang. Kasomalang Kulon memiliki beberapa sumber air jernih yang bisa dijadikan destinasi wisata. Di antaranya curug Cipurut, mata air Cipabelah, dan mata air Cimutan. Di antara semua tempat yang cocok untuk melepas penat, Cimutan merupakan lokasi yang paling pas untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

Cimutan merupakan salah satu sumber mata air terbesar dan tidak pernah kering di Desa Kasomalang Kulon. Lokasinya luas dengan air yang jernih, tempat yang dulunya tidak terekspos selain oleh warga sekitar itu semenjak tahun 2017 sudah mulai resmi dibuka menjadi tempat pariwisata.

Akses ke Cimutan mudah, dekat dengan pemukiman warga, dikelilingi oleh pepohonan dan sawah, selain itu memiliki taman untuk anak-anak bermain, dan terdapat pabrik tahu yang bisa kita masuki untuk membeli tahu enak dan hangat selepas berenang.

Selain itu, di dekat Cimutan juga berdiri sebuah pabrik teh yang sudah tidak terpakai dan peninggalan bangsa Belanda yang cocok dikunjungi oleh orang-orang pecinta sejarah. 

Air dari Cimutan selain dijadikan tempat wisata, juga dipakai untuk memenuhi air kebutuhan warga. Selain itu, mitosnya juga air dari Cimutan bisa berguna untuk obat dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit. 

Terlepas dari benar-tidaknya mitos secara turun-temurun tersebut, Cimutan memang merupakan tempat yang asyik untuk bersantai di tengah kesibukan beraktivitas. Bernuansa alam, bersih, dan segar, mata air yang saat ini sedang dikembangkan oleh Mahasiswa KKN dari Universitas Subang angkatan 2018 itu merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Kecamatan Kasomalang.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KKNM Universitas Subang 2018

Blog ini adalah hasil output dari kegiatan KKNM Universitas Subang Kelompok 06 Tahun 2018 yang dilaksanakan di desa Kasomalang Kulon Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang.
Kami berharap dengan adanya blog ini, potensi wisata yang ada didesa Kasomalang Kulon dapat lebih diketahui oleh masyarakat luas

Popular Posts

Recent Posts

Featured Post

Peta Potensi Desa Kasomalang Kulon